22 Juli 2022 | Dilihat: 381 Kali
PNA Tuding Partai Nasdem Tak Komitmen Dalam koalisi
noeh21
Keterangan: Wakil Ketua DPW PNA Kota Banda Aceh Dato Yuni Eko Hariatna. Foto. IST
 

IJN - Banda Aceh | Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nanggroe Aceh (PNA) Kota Banda Aceh menuding Partai Nasdem tidak memiliki komitmen dalam berkoalisi di DPRK Banda Aceh.
 
Wakil Ketua DPW PNA Kota Banda Aceh Dato Yuni Eko Hariatna mengatakan, tidak adanya komitmen tersebut diperlihatkan Partai Nasdem setelah menggeser Anggota DPRK Banda Aceh dari PNA dari keanggotaan panitia anggaran lembaga legislatif tersebut.

Baca juga : PNA Banda Aceh Dukung Sayuti Abu Bakar Wakil Gubernur Aceh
 
"PNA dan Partai Nasdem berkoalisi membentuk satu fraksi di DPRK Banda Aceh. Dalam koalisi tersebut ada komitmen bahwa wakil PNA di DPRK ditempatkan di panitia anggaran selama lima tahun atau satu periode. Namun, baru setengah berjalan, wakil PNA dikeluarkan dari panitia anggaran oleh Partai Nasdem," kata Dato' Yuni Eko Hariatna dalam keterangannya kepada IndoJayaNews.com, Jum'at, 21 Juli 2022.

Baca juga : Wakil Ketua DPW PNA Banda Aceh akan Praperadilankan KPK
 
Dato Yuni Eko Hariatna yang akrab disapa Haji Embong menjelaskan, dalam koalisi fraksi di DPRK Banda Aceh, Partai Nasdem beranggotakan tiga orang dan PNA satu orang. Jika PNA tidak berkoalisi dengan Partai Nasdem, maka tidak akan pernah terbentuk satu fraksi. Sebab, satu fraksi utuh, minimal beranggotakan empat orang.
 
Selain itu, kata Haji Embong, Partai Nasdem seolah-olah mengaburkan keberadaan PNA dalam koalisi fraksi. Buktinya, di beberaap baliho yang dipasang dituliskan Fraksi Partai Nasdem. Seharusnya Fraksi Partai Nasdem PNA.

Baca juga : Kuasa Hukum DPP PNA: Pemberhentian Tiyong Tindakan Konyol
 
Oleh karena itu, Haji Embong menyayangkan sikap partai nasional tersebut dalam berkoalisi, sehingga merugikan PNA. PNA menyurati pimpinan Partai Nasdem mempertanyakan komitmen mereka dalam berkoalt.
 
"Walau PNA hanya memiliki satu kursi di DPRK Banda Aceh, bukan berarti begitu saja bisa digeser-geser. Ingat komitmen awal, tanpa kami Partai Nasdem tidak bisa membentuk satu fraksi,"tutup Haji Embong.
 
 
 
Penulis: Hendria Irawan 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com