01 Juli 2018 | Dilihat: 294 Kali
Rabu, KIP Gelar Pleno Hasil Pilkada Subulussalam
noeh21
 

IJN | Subulussalam - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam, akan melaksanakan rapat  pleno rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota setempat yang digelar Rabu (27/6) lalu.

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan  hasil perolehan suara direncanakan akan digelar pada hari Rabu (4/7) atau satu Minggu setelah pemungutan suara " kalau tak ada halangan hari Rabu tanggal 4 Juli 2018 pleno rekapitulasi suara akan kita gelar di kantor. Sebab, jadwal rapat pleno rekapitulasi suara mulai tanggal 4 - 6 Juli " kata Komisioner KIP, Arman Bako, Minggu 1 Juli 2018.

Arman Bako menyebutkan, seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah menyelesaikan pleno rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, dan semua kotak suara kini sudah tersimpan di gudang KIP dengan penjagaan ketat aparat kepolisian.

Arman Bako menambahkan, Pelaksanaan tahapan pemungutan suara di 170 TPS di Kota Subulussalam telah berjalan tertib dan lancar tanpa ada kendala berarti, termasuk saat penghitungan suara di tingkat PPK " Alhamdulillah, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan baik tingkat KPPS dan PPK berjalan lancar, tertib dan aman. Kita berharap dalam pleno di tingkat KIP nanti juga tidak ada kendala " kata Arman Bako.

Arman Bako juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kinerja aparat kepolisisan dan TNI yang telah mengawal dan mengamankan jalannya seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada ini dengan aman dan lancar. Selain itu, Arman Bako juga mengatakan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada kali ini terbilang meningkat bila dibandingkan dengan Pilkada tahun 2013 lalu. Pilkada tahun 2013 lalu, Arman Bako menyebutkan tingkat partisipasi masyarakat untuk memberikan hak pilih hanya 86 persen. Sedangkan Pilkada tahun ini mencapai 93 persen atau mengalami kenaikan 7 persen.

“ Partisipasi pemilih dalam Pilkada ini sekitar 93 persen, karena itu kita menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menyukseskan hajat demokrasi di Kota Subulussalam yang kita tercinta ini. Kita berharap Pemilu Legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden tahun depan dan seterusnya juga mengalami kenaikan untuk memberikan hak suaranya ” ujarnya.

Masih lanjut Arman Bako, hasil rekapitulasi nantinya akan digunakan sebagai pijakan untuk penetapan Paslon terpilih. (Alim)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com