16 Oktober 2023 | Dilihat: 183 Kali
Pj Gubernur Dorong Digitalisasi UMKM dan Koperasi Melalui e-Catalog Lokal Aceh
noeh21
PJ Gubernur Aceh Achmad Marzuki. Foto. Adpim pemerintah Aceh.
 

IJN - Banda Aceh | Pemerintah Aceh mendorong reformasi birokrasi tematik melalui digitalisasi UMKM dan Koperasi melalui e-Catalog Lokal Aceh atau e-Coach.

Hal itu sebagai lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terkait reformasi birokrasi bidang Pengadaan Barang/ Jasa dengan cara meningkatkan porsi UMKM dan Koperasi, serta mengupayakan efisiensi belanja Pemerintah.

“Alhamdulillah pekan lalu Pemerintah Aceh mendapat dana insentif fiskal (DIF) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI,"kata PJ Gubernur Aceh, Achmad Marzuki. Senin 16 Oktober 2023.

Achmad Marzuki menyebut, Dana ini adalah reward untuk Pemerintah Aceh yang sukses dalam dua kategori, yaitu kategori kinerja penggunaan produk dalam negeri (PDN) dan kinerja penghapusan kemiskinan ekstrim.

"Penghargaan DIF dari kategori penggunaan PDN bagi Pemerintah Aceh merupakan dampak dari realisasi belanja Pemerintah Aceh dalam penggunaan Produk Dalam Negeri pada penyedia UMKM dan Koperasi melalui e-Catalog Lokal Aceh,"sebut Achmad Marzuki.

Sementara itu, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Aceh, Teuku Aznal mengatakan, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan kepada pelaku usaha dalam hal memberikan pemahaman terhadap penggunaan e-Catalog Lokal Aceh.

Saat ini, kata Teuku Aznal, sudah tersedia 42 etalase yang ada pada e-Catalog Lokal Aceh (e-Coach).

“Kita berharap agar UMKM dan Koperasi dapat memanfaatkan platform digital ini untuk menjual produk usahanya kepada pemerintah Baik itu K/L, Pemerintah Provinsi, Kab/kota dan pemerintah daerah lainnya,"harap Teuku Aznal.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada 2.166 penyedia yang sudah mendaftar menjadi penyedia barang/jasa pemerintah pada e-Catalog Lokal Aceh (e-Coach), dan sudah menayangkan produknya sebanyak 23.888 produk pada 42 etalase yang tersedia pada e-Catalog Lokal Aceh (e-Coach).


Penulis: Hendria Irawan
Editor: Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com