05 Mei 2023 | Dilihat: 336 Kali
Tower BTS di Beutong Ateuh Banggalang Mulai Dikerjakan
noeh21
Pembangunan Tower BTS di Beutong Ateuh Banggalang.
 

IJN - Suka Makmue | Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya membebaskan wilayah terpencil Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang dari kawasan blankspot (tak ada jaringan internet) sudah menunjukkan hasil yang ditandai mulai dibangunnya tower Base Transceiver Station (BTS) disana.
 
Hal itu seperti diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, SSos.,MSi, melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik), Drs Said Amri, di Suka Makmue, Kamis 4 Mei 2023.
 
Guna memastikan pembangunan tower tersebut, Pj Bupati melalui Sekda pada Rabu (3/5) kemarin memerintahkan Kadis Kominfotik untuk mengecek ke lokasi bersama pejabat teknis dan staf jajaran instansi.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik), Drs Said Amri mengatakan, sesuai arahan Pj Bupati, pihaknya sudah turun ke lokasi, dimana titik koordinatnya berada dipinggir jalan lintas kawasan Jambo Burong Pegunungan Singgahmata, lebih kurang 7 km dari pusat Kecamatan Beutong Ateuh arah ke Ulee Jalan. 
 
"Pembangunannya masih dalam tahap pemasangan besi untuk pengecoran pondasi tapak,"kata Said Amri didampingi Kabid TIK, Teuku Syamsul Bahri, MKom.
 
Ia menjelaskan, upaya menghadirkan jaringan internet di Beutong Ateuh Banggalang merupakan program prioritas sejak dilantik sebagai Pj Bupati Nagan Raya pada 11 Oktober 2022 lalu.
 
Bahkan, lanjut Kadiskominfotik, sehari setelah dilantik Pj Bupati langsung menyambangi Telkom Aceh guna melakukan audiensi, termasuk berkoordinasi dengan jajaran Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XVIII Banda Aceh. 
 
Ia menambahkan, sehari setelah dilantik sebagai Pj Bupati langsung melakukan audiensi dengan General Manager Telkom Aceh membahas internet Beutong Ateuh Banggalang, juga dengan pihak BPKH terkait perizinan. Dan, sejak ia dilantik bolak-balik ke Kementerian Kominfo RI di Jakarta.
 
"Saya bersama Kabid TIK beberapa kali ikut mendampingi beliau ke Jakarta," tutur Kadis Kominfotik.

Sementara itu, salah seorang warga Beutong Ateuh Banggalang, Zakaria, AMd, Par, menyampaikan apresiasi kepada Pj Bupati Nagan Raya yang berupaya mewujudkan pembangunan tower internet di wilayahnya.
 
"Kami apresiasi, artinya ada itikad Ibu Pj Bupati untuk memerdekakan Beutong Ateuh, walaupun ini pembangunannya belum seratus persen," ucap Zakaria yang juga Ketua Generasi Beutong Ateuh Banggalang (GBAB).
 
Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Nagan Raya dibawah kepemimpinan Pj Bupati Fitriany Farhas atas usahanya membebaskan mereka dari ketinggalan. 
 
"Atas nama GBAB saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi terkait usaha Pj Bupati untuk memerdekakan kami dari ketinggalan," ujar Zakaria yang diamini warga lainnya, Rusli. 
 
Ucapan senada juga disampaikan Amren Beta pria asal Beutong Ateuh Banggalang yang kini menetap di Keudee Seumot Kecamatan Beutong.
 
Pembangunan infrastruktur telekomunikasi oleh Kementerian Kominfo RI itu sesuai usulan prioritas Pemkab Nagan Raya, dilaksanakan PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk yang nantinya bisa digunakan oleh multi operator, seperti Telkomsel, Indosat dan lain-lain. (Red)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com