01 Oktober 2018 | Dilihat: 243 Kali
Dandim 0111/BRN Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
noeh21
 

IJN | Bireuen  -- Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila digelar di Markas Komando Distrik Militer 0111/Bireuen, pada Senin (1/10), pukul 07.30 Wib . Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Dandim 0111/BRN ( Letnan Kolonel Inf Amrul  Huda, S.E,M.M,M.Sc ) dan juga kegiatan ini diikuti oleh seluruh Perwira Staf, Danramil/Dansposramil serta seluruh personel Kodim 0111/BRN.

Adapun rangkain acara pada upacara peringatan hari Kesaktian pancasila ini antara lain pembacaan  teks Pancasila, pembacaan UUD 1945 dan pembacaan ikrar yang berisi sumpah setia terhadap Pancasila adapun tema dalam kegiatan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini , "Kerja Nyata Untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud pengamalan pancasila ".

Dandim 0111/BRN mengatakan Untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini, dibutuhkan kerja keras bersama berlandaskan Pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita. Sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, Salah satu fenomena dalam era Globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar komunitas atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil. Di antara nilai atau faham yang melintas-batas itu adalah radikalisme.

Faham ini karakternya adalah selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain.Sudah tentu radikalisme dan faham sejenis lainnya sangatlah bertentangan dengan Pancasila yang sangat menghormati dan menghargai kebhinekaan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukkan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekaligus, kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai-faham radikalisme dan sejenisnya.
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com