02 Juli 2019 | Dilihat: 186 Kali
Danlanud Sabang Serahkan Buku Sejarah Lanud ke Museum BPKS
noeh21
Lanud Sabang Serahkan Buku Sejarah kepada kepala meseum BPKS, foto ; Windi
 

IJN - Sabang | Danlanud Maimun Saleh Sabang mengenalkan Lanud Sabang melalui Museum BPKS Sabang dengan bersilaturahmi sekaligus memberikan buku Sejarah Lanud Sabang dan foto Pahlawan Penerbang Bapak Maimun Saleh sebagai bahan edukasi dan pembelajaran bagi pengunjung museum.

Kunjungan Danlanud Maimun Saleh Letkol Pnb Yudha Irawan beserta rombongan perwira Lanud MUS pada, Senin 1 juli 2019 ke museum BPKS Sabang itu guna ingin berpartisapasi memperkenalkan Lanud kepada Masyarakat.

Dalam wawancara DanLanud dengan wartawan indojayanews.com DanLanud menjelaskan maksud kunjungannya, yang pertama dalam rangka bersilaturahmi mempererat tali persaudaraaan dengan pengurus museum.

Selanjutnya Danlanud ingin share informasi terkait dengan museum sebagai sarana pembelajaran atau edukasi kepada pengunjung atau masyarakat bagaimana Lanud menjadi bagian dari sejarah sabang dari jaman dahulu sebelum kemerdekaan maupun setelah kemerdekaan.

Kemudian Danlanud secara simbolis menyerahkan buku sejarah, yang berjudul ‘Pengabdianku Di Wilayah Barat Perbatasan NKRI’ ini adalah buku yang pertama dibuat oleh Lanud Maimun Saleh. disitu berisi tentang sejarah berdirinya Lanud yang dulu sebelumnya adalah detasemen perwakilan dan lain-lain dan sampai dengan saat ini.

"Kami Juga memberikan poto Pahlawan Aceh Maimun Saleh yang karena kontribusi atau jasa beliau di TNI AU sehingga namanya diabadikan menjadi nama salah satu pangkalan TNI AU yang ada di Sabang, Sehingga pengunjung mengetahui ternyata bapak Maimun Saleh adalah orang Aceh”, kata Yudha Irawan.

Lanjut dikatakan Danlanud, sebagai bentuk dari partisipasi kami kepada meseum untuk juga ikut ingin memajukan museum ini karena sebagai daya tarik pariwisata terus memperkenalkan kepada khalayak ramai atau masyarakat tentang sejarah Sabang.

Harapan beliau, ini adalah langkah awal dan kedepan akan datang lagi untuk meyumbangkan atau mungkin partisipasi dalam bentuk yang lain untuk museum baik kecil maupun besar, apa yang bisa kita tonjolkan untuk sabang ini terutama museum dibawah BPKS.

Kepala Museum BPKS Sabang Evan Boy Foreman, SE mengucapkan, Kami atas nama museum BPKS mengucapkan terima kasih atas kunjungan Danlanud beserta rombongan, yang seperti disampaikan tadi bahwasanya yang kami terima itu sebagai sarana edukasi, sarana informasi, dan sarana supaya kita flashback tentang sejarah, apalagi yang diberikan kepada kami sesuatu yang sangat berarti, informasi tentang penerbangan dan sejarah tentang pesawat di Sabang.

"Saya sebagai pimpinan Museum sangat berterima kasih sekali kepada Danlanud beserta rombongan yang beliau ternyata begitu berapresiasi kepada Sabang, kepedulian beliau terhadap sejarah melalui museum yang dikelola melalui BPKS, "tutupnya.

Penulis : Windi
Editor : Mhd Fahmi

Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com