06 Oktober 2019 | Dilihat: 200 Kali
Di Usia TNI ke-74, Kodim Abdya Terus Benahi Diri Demi Tupok
noeh21
 

IJN - Abdya | Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has, S.T., M.T. melalui Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kapten Inf Mohd Arifin menyebutkan, Kodim 0110/Abdya akan terus berbenah diri membangun postur TNI yang Ideal, dinamis dengan perkembangan strategi daerah dan dicintai rakyat.

Hal ini disampaikan Pasiops saat menjawab pertanyaan awak media, usai gelaran upacara peringatan HUT ke-74 TNI, di lapangan Makodim setempat, Sabtu 5 Oktober 2019.

Pasiops menjelaskan, sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Dalam pelaksanaannya, tugas pokok TNI tersebht dibagi dua yakni Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Milter Selain Perang (OMSP). 

"Nah sekarang pertanyaannya, bila tidak berperang apa tugas TNI ?, Tugasnya adaalah, sesuai dengan sistem pertahanan semesta, secara dini kami akan memberdayakan wilayah pertahanan dengan segala potensi yang ada ditambah dengan pendukung lainnya hingga menjadi satu kekuatan utuh.  Dan terakhir tugas kami yaitu membantu, dan mendukung pelaksanaan tugas Pemerintah Daerah," papar Pasiops.

Untuk diketahui, peringatan HUT TNI se-Aceh kali ini dilaksanakan terpusat di Lhoksemawe, Aceh Utara, dihadiri para pejabat utama mulai dari Pangdam sampai dengan jajaran Dandim. Selain terpusat, peringatan HUT TNI juga dilaksnakan di masing-masing wilayah. 

Pantauan, pelaksanaan upacara peringatan HUT TNI di Kodim 0110/Abdya diikuti oleh seluruh Prajurit dengan tertib dan khusu. Dalam prosesinya, Irup membacakan teks amanat dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Irup itu sendiri dijabat oleh Pasiops Kapten Inf Mohd Arifin, Paup dijabat Lettu Inf Abdul Manan, dan Danup dijabat Danunit Intel Letda Inf Bakhtiar. Puluhan karangan bunga ucapan HUT TNI dari berbagai komponen tampak berjajar mengisi area Makodim, dikirim sebagai bentuk apresiasi kecintaan dan kebanggan masyarakat Abdya terhadap TNI.

penulis : Heri Purwanto
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com