03 Februari 2024 | Dilihat: 132 Kali
Pangdam IM Pimpin Upacara Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika
noeh21
Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya memberikan bingkisan kepada warga setempat dalam acara Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika. | (Foto. Penerangan Kodam Iskandar Muda)
 

IJN - Aceh Besar | Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P pimpin upacara pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat Kodam IM TA 2024, yang diselenggarakan oleh Kodam Iskandar Muda.

Acara upacara tersebut dengan mengusung tema “Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”. Pembukaan kegiatan Upacara tersebut dipimpin langsung Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya di Lapangan Bungong Jeumpa, Desa Jantho Makmur, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu 03 Februari 2024.

Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, menyampaikan penyelenggaraan perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda Bangsa Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dengan semangat bernegara demi melestarikan keanekaragaman hayati dan menjaga keseimbangan ekosistem.

"Hal ini selaras dengan tema Perkemahan Pramuka kali ini yaitu “Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”. Tema menjadi atensi kita bersama dalam rangka membina dan meningkatkan kesadaran generasi muda yang berwawasan lingkungan dan bersatu dengan alam guna menghadapi dampak perubahan iklim,” ujar Pangdam IM.

Perkemahan pramuka akan berlangsung selama tiga hari, dengan materi-materi yang dilaksanakan antara lain pengetahuan dasar kepramukaan, praktek lima krida saka wira kartika, karya bakti dan bakti sosial.

Dengan waktu yang relatif singkat ini, diharapkan para peserta mampu mengikuti Perkemahan Pramuka ini dengan penuh semangat, serta berupaya sekuat tenaga menguasai pengetahuan dan keterampilan yang diberikan agar dapat menjadi bekal dalam sebagai bagian dari komponen masyarakat yang mampu berkarya membangun diri, keluarga dan lingkungannya.

Selanjutnya, setelah upacara Pangdam Iskandar Muda didampingi Dandim 0101/Kota Banda Aceh melanjutkan kegiatan pelepasan Kontingen penanaman pohon, peninjauan Posko (Bhakti Sosial) pengobatan Massal serta pemberian tali asih (sembako) kepada masyarakat secara Simbolis, serta penanaman pohon secara serentak dan terakhir kegiatan tersebut diakhiri dengan Vicon bersama Bapak KASAD secara terpusat yang diikuti oleh seluruh jajaran TNI-AD.

Hadir dalam Acara tersebut, Pj. Gubernur Aceh, Kapolda Aceh, Kabinda Aceh, Kasdam IM, Irdam IM, Kapok Sahli Pangdam IM, Danrem 011/LW, Danrem 012/TU, para Pejabat Utama Jajaran Kodam IM, Kadistanbun Provinsi Aceh, Kadis Kesehatan Provinsi Aceh, Ka Kwarda Aceh (Perwakilan Kwarda Aceh), Kadistanbun Aceh Besar, Kadis Kesehatan Aceh Besar, Kapolres Aceh Besar, Ka Kwarcab 23 Kab/Kota, Kepala BPDAS Aceh, kepala DLHK Aceh, para pimpinan Dewan Saka Pramuka, dan peserta perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika.

Penulis : Hendria Irawan
Editor : Redaksi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com