15 April 2019 | Dilihat: 206 Kali
Polres Aceh Selatan Gelar Apel Penggeseran Pasukan Pengamanan TPS
noeh21
AKBP Dedy Sadsono ST pimpin apel pengamanan TPS Aceh Selatan
 

IJN - Aceh Selatan | Polres Aceh Selatan menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS di halaman Mapolres Aceh Selatan, Senin 15 April 2019.

Hal ini dalam rangka pengamanan Pileg (Pemilihan Legislatif) juga Pilpres (Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden) tahun 2019. Apel gelar penggeseran pasukan pengamanan TPS yang diikuti ratusan personil TNI/Polri dan Linmas yang di pimpin langsung oleh Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono ST dan komandan kodim Letkol Inf R Sulistiyanto Herlambang.

Kegiatan ini juga dihadiri ketua Komisi Independen pemilihan (KIP) Aceh Selatan Saiful SE dan suluruh unsur Forkopimda kabupaten Aceh Selatan 

Dalam sambutannya Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono ST mengatakan, Beberapa tahapan penting Pemilu 2019 yakni tahap pendaftaran dan kampanye telah kita lewati dan telah kita amankan dengan baik. Saat ini kita sedang berada dalam tahap masa tenang pemilu 2019.

Pemungutan dan penghitungan suara di TPS merupakan tahapan yang sangat penting dalam pemilu 2019, pada tahapan ini seluruh warga negara yang memiliki hak pilih akan mendatangi TPS untuk menyalurkan suaranya calon sesuai dengan hati nurani, " katanya.

Pemilu tahun 2019 ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan pemilu tahun 2014 yang lalu, karena untuk pertama kalinya pemilu legislatif dan pemilu presiden di laksanakan secara serentak. Hal ini juga berimplikasi terhadap tingkat kerawanan yang lebih kompleks di banding pemilu sebelumnya terutama pada saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS serta saat rekapitulasi suara di PPK, " ujarnya

Polres bersama TNI, Linmas dan unsur pengamanan lainnya berkewajiban mengamankan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan PPK agar berjalan dengan aman,tertib,lancar dan sukses sehingga pemilih dapat menggunakan hak pilihnya secara langsung bebas dan rahasia tampa ada kekhawatiran apapun dalam menyalurkan hak pilihnya.

Mulai hari ini polres Aceh Selatan akan menggeser sejumlah 289 personil untuk melakukan pengamanan pada 659 TPS terdapat di kabupaten Aceh Selatan. Setelah selesai mengamankan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, personil tersebut melakukan pengamanan rekapitulasi yang dilaksanakan oleh PPK-PPK yang ada di tiap kecamatan, " kata Kapolres.

Selanjutnya, Dalam pelaksanaan pengaman ini, polres Aceh Selatan di back up oleh BKO pengaman TPS dari Polda Aceh, Brimob dan pasukan TNI.Polres Aceh Selatan dibantu oleh 1318 personil linmas TPS yang bertugas menjaga ketertiban di lokasi TPS dan juga linmas Gampong serta linmas kecamatan yang membantu menjaga ketertiban di Gampong dan kecamatan.

Dalam melakukan pengawasan dan pengendalian kegiatan pengamanan ini, Polres Aceh Selatan juga menurunkan perwira perwira pengendali (Padal) dan perwira pengamat wilayah (Pamatwil) yang terdiri para Kapolsek dan perwira polres Aceh Selatan, " tutup Kapolres.

Penulis : Asrul
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com