27 Juli 2019 | Dilihat: 155 Kali
Sukseskan Sambang Nusa, Kapal Polisi Antasena-7006 Sambangi Pulau Weh Aceh
noeh21
 

IJN - Sabang | Sambang Nusa merupakan suatu program unggulan (quick wins) Polri khususnya Kepolisian Airud, dengan cara mengunjungi pulau-pulau terluar yang berpenghuni.

Komandan Kapal Polisi Antasena – 7006 Korpolairud Baharkam POLRI, Kompol Carito Tatag saat kami wawancarai  jumat malam di dermaga Container I BPKS, menjelaskan kunjungannya ke sabang dalam rangka mengantisipasi tingkat gangguan kamtibmas di wilayah perairan Aceh.

Kapal polisi yang beranggotakan 28 personil itu juga memiliki tugas menghimpun bahan keterangan mengenai karakteristik kerawanan daerah terkait isu-isu keamanan serta tatanan sosial kemasyarakatan khususnya di wilayah pulau terluar atau perbatasan.

“Karena pulau weh ini merupakan salah satu pintu masuk ke wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dari samudera hindia melalui selat malaka dan akan terus masuk sampai ke daerah kita ini, terang Kompol Carito Tatag Jumat 26 Juli 2019.

Selain itu juga sasaran dari kegiatan sambang nusa ini untuk menunjukkan eksistensi Negara, bahwasanya dengan adanya kami atau aparat keamanan yang lain juga aparat-aparat yang ada disini, masyarakat pulau terluar tidak merasa tersisihkan, merasa kita juga diperhatikan oleh pemerintah, tambahnya lagi.

Dikatakan Carito, Dengan adanya kunjungan ini kita bisa berinteraksi dengan masyarakat disini yang salah satunya untuk inventarisir permasalahan-permasalahan terkait isu keamanan yang ada disini.

Selanjutnya sebagai bahan evaluasi yang kami laporkan ke mabes,dan nanti akan menjadi satu perhatian dari pemerintah pusat atas laporan kita.
Lanjut dikatakan Carito, Pulo Weh Sabang sendiri merupakan pulau yang pertama di kunjungi Kapal Polisi Antasena – 7006 di Wilayah Aceh, yang sebelumnya kapal ini bersandar di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

Dan selanjutnya kami akan terus berlayar mengunjungi pulau-pulau terluar yang berpenghuni lainnya sesuai dengan domain kita yaitu berkaitan dengan masyarakat, tutupnya. 

Penulis : Windi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com