28 Juni 2020 | Dilihat: 58 Kali
Tak Ingin Laut Simeulue Tercemar, TNI dan DLHK Bersihkan Sampah di Pesisir Laut
noeh21
Anggota TNI bersama DLHK membersihkan tumpukan sampah di pesisir Laut. Foto ist
 

IJN - Simeulue | Personil Kodim 0115/Simeulue, Lanal Simeulue berserta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLHK) Simeulue memadati Pelabuhan Kargo Sinabang dalam rangka bakti sosial gotong royong membersihkan tumpukan sampah di sekitar pesisir Laut, Minggu 28 Juni 2020.

Bakti sosial diprakarsai oleh Instansi Pemda yakni DLHK Simeulue, Kodim 0115/Simeulue, Lanal Simeulue serta masyarakat yang bermukim di pesisir laut, Kecamatan Simeulue Timur.

Gotong royong kebersihan tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat terutama yang tinggal di wilayah tersebut.

Pantauan di lapangan, tumpukan sampah yang menggunung didominasi sampah plastik yang diangkut mobil truk DLHK Simeulue dan selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Dandim 0115/Simeulue Letkol Inf Yogi Bahtiar,S.Kom.M.B.A menuturkan, "Bakti Sosial pembersihan sampah ini merupakan bagian dari kegiatan karya bakti, adapun tujuannya yaitu agar laut dan sungai di Kabupaten Simeulue ini bebas dari sampah.

Hal ini membutuhkan peran dan kesadaran masyarakat yang bermukim di sepanjang garis pantai untuk tidak membuang sampah ke laut dan sungai.

“Ini mengindikasikan masih kurangnya kesadaran masyarakat sendiri, berbagai upaya terobosan dilakukan oleh Pemkab Simeulue untuk mengatasi sampah plastik yang berserakan di laut harus kita dukung bersama agar tidak mencemari laut,” tuturnya.

Melalui kegiatan Bakti sosial membersihkan sampah di sepanjang pesisir ini pihaknya mengajak warga Simeulue bersatu-padu dan berkomitmen perang terhadap sampah. 

“Mari kita bekerjasama, jangan saling menyalahkan tetapi disini memerlukan kesadaran dan aksi nyata dari masyarakat itu sendiri, khususnya yang bermukim di sepanjang garis pantai agar tidak membuang sampah ke laut dan sungai mulai sekarang, " tegas Dandim 0115/Simeulue Letkol Inf Yogi Bahtiar,S.Kom.M.B.A. (Red)

Terkait

Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com