21 Maret 2019 | Dilihat: 146 Kali
Atraksi Adat Toet Apam Disambut Antusias Masyarakat Gampong Aneuk Laot
noeh21
Atraksi Adat Toet Apam. Foto Windi
 

IJN - Sabang | Dalam rangka melestarikan Adat yang ada di tengah-tengah masyarakat, Gampong Aneuk Laot, Kecamatan Sukakarya sebagai gampong percontohan Adat di Kota Sabang menggelar atraksi Toet Apam (Bakar Apam), Kamis 21 Maret 2019. 

Atrasi adat yang mengusung tema “Belajar Masak dan Makan Apam” , dihadiri langsung Ketua MAA (Majelis Adat Aceh) Kota Sabang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang itu berlangsung meriah dan disambut antusias oleh masyarakat. 

Pemangku Adat dan Panglima Danau Gampong Aneuk Laot Tgk. Sulaiman mengatakan, untuk mengembalikan adat yang sudah hampir hilang, Gampong Aneuk Laot sebagai salah satu gampong percontohan Adat di Kota Sabang berkomitmen untuk melestarikan kembali budaya Toet Apam.

Gagasan penyelenggarakan atraksi adat “Toet Apam” ini tak lepas dari kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis), Pemangku Adat, Panglima Danau Gampong Aneuk Laot, Tuha Peut dan Geuchik.

Atraksi Bakar Apam yang mulai kembali digalakkan  masyarakat ini dan baru kali pertama diselenggarakan  masih dilakukan oleh kelompok-kelompok kecil, yaitu para ibu-ibu di Gampong Aneuk Laot ini diharapkan terus berkembang, sehingga para generasi muda khususnya, pemuda/pemudi dapat lebih mengenal adat sebagai khasanah yang sejak dulu pernah ada di masyarakat, harap Tgk Sulaiman. 

Ketua Majelis Adat (MAA) Kota Sabang H.Ramli Yusuf, SH mengatakan, sangat mengapresiasi dan berharap kegiatan melestarikan Adat seperti ini bisa dilakukan di semua Gampong yang ada Kota Sabang. 

Kegiatan seperti ini harus digalakkan kembali sehingga  adat yang sudah ada di masyarakat tidak hilang dan sirna dengan perkembangan jaman.

Kaitan itu H.Ramli Yusuf juga mengharapkan kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata bisa menyisihkan sedikit anggaran untuk menyelengarakan festival Toet Apam di Sabang dengan mengikut sertakan seluruh gampong di Kota Sabang agar tradisi yang pernah ada ini dapat kembali hadir di kalangan masyarakat. 

Toet Apam yang dilaksanakan berlangsung meriah tersebut,  diikuti semua Jurong (Lingkungan) yang ada di Gampong Aneuk Laot, yaitu Jurong putro Ijo, Jurong Putro Bungsu, Jurong Putro Haloh, Jurong Guda Meuh dan perwakilan dari satu kelompok Gampong lainnya ikut berpasiasi, yaitu Gampong Jaboi Kecamatan Sukajaya yang juga telah di ditetapkan sebagai Gampong Adat di Kota Sabang. 

Penulis : Windi

Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com