04 Agustus 2019 | Dilihat: 62 Kali
Berpetualang ke Lokasi Air Terjun Simaknem
noeh21
Air Terjun Simaknem
 

IJN - Simeulue I Anda yang menyukai perpaduan wisata dengan nuansa penggunungan dan air terjun, tak ada salahnya mencoba berpetualang ke air terjun yang satu ini. Air Terjun Simaknem (tempat gelap bahasa daerah setempat) namanya berada di Desa Leubang Hulu, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue.

Untuk menuju ke lokasi air terjun Simaknem ini tidak mudah, harus disertai persiapan yang matang dan kekuatan fisik. Sebab jaraknya yang begitu jauh serta akses jalan yang belum ada, hanya ada jalan setapak yang melewati beberapa sungai dan persawahan.

Membutuhkan waktu satu jam lebih berjalan kaki untuk mencapai lokasi air terjun yang satu ini, saat di perjalanan anda akan disuguhi pemandangan yang indah nan asri. Burung burung pun yang hinggap di ranting pepohonan siap menyambut dengan suara indahnya.

Ini merupakan perjalanan kami dan rombongan yang mencoba mengeksplorasi keindahan air terjun Simaknem, pada Sabtu  (03/08) kemarin.
​​​
Saat bertolak dari Sinabang membutuhkan waktu lebih kurang tiga puluh menit menuju Desa Leubang Hulu, dilanjutkan dengan berjalan kali ke air terjun. Menyisir di tepian sungai yang berada di tengah hutan, suasana tenang begitu kental terasa saat menuju air terjun simaknem.

Setiba di lokasi air terjun Simaknem, rasa lelah dan penat di perjalanan akan terbayar tuntas saat disambut dinginnya nuansa air terjun penggunungan yang satu ini.

Saat mandi di bawah derasnya air terjun jatuh dari ketinggian mencapai empat puluh meter ini, kita tidak akan mampu bertahan dalam waktu yang lama, sebab dinginnya air terjun ditambah masih rindangnya pepohonan di sekitar.

Sumber air terjun simaknem ini sangat cocok jika dikelola baik air minum dalam kemasan untuk dipasarkan ke daerah sekitar maupun hingga ke Sinabang sebagi ibukota pemerintahan Simeulue.

Selain itu areal persawahan yang begitu luas mencapai hampir seratus hektare, menjadikan pasokan air tak pernah terhenti mengalir di Desa Leubang Hulu.
 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com