05 Desember 2019 | Dilihat: 118 Kali
Dinas Pariwisata Aceh ajak Pelaku Usaha Lahirkan Atraksi Wisata 4x4 di Sabang
noeh21
 

IJN - Sabang | Untuk mendorong meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Aceh mengajak para pelaku usaha di sabang lahirkan Atraksi baru Wisata 4x4 melalui pelatihan pemandu wisata 4x4 di kota sabang.
 
Kegiatan yang di khususkan bagi pelaku usaha terutama bagi drive guide yang tergabung dalam organisasi angkutan darat (ORGANDA) ini, dilaksanakan dari tanggal 5 sampai dengan 7 Desember 2019 di Mata Ie Resort Sabang.
 
Dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Jamaluddin melalui Organizer pelaksana Irwan Mahdi , M.Tour kepada awak media, Tujuan kegiatan ini memperkenalkan trip 4x4 kepada pariwisata aceh dan Pariwisata sabang pada khususnya.
 
“Kita ketahui, trip 4x4 di pulau jawa itu sudah sangat buming dan dimana-mana diminati orang, tetapi di sabang itu masih belum berkembang," ujar Irwan.
 
Dijelaskan Irwan, Pelatihan kali ini fokusnya adalah memperkenalkan trip 4x4 ini bagi driver atau pemilik usaha transportasi di sabang, dan kemudian yang kedua juga melatih para driver untuk bagaimana caranya menciptakan dan mengelola paket 4x4 dan juga melayani wisatawan dalam paket trip 4x4 ini.
 
“Jadi sebenarnya di pulau jawa dan tempat -tempat lainnya, sebagian besar 4x4 itu tidak berfokus pada jalanan offroad, jadi sebagian besar jalan yang dilalui itu jalan aspal yang biasa kita lalui sehari - hari, tetapi dicari jalan-jalan yang pegunungan yang masih asri sehingga pengalamannya itu dapat," tambah Irwan Mahdi.
 
"Dan pasar 4x4 selama ini tidak melulu orang-orang yang suka offroad, tetapi juga orang-orang yang ingin tampil eksis atau ingin merasakan bagaimana duduk dimobil bak terbuka sambil menjelajahi suatu daerah wisata pegunungan, tutupnya.
 
Sementara itu Kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang Faisal, S. Sos, Map, atas nama pemerintah Kota Sabang sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh ini.
 
Menurutnya, bila mana atraksi ini dapat dikembangkan oleh para pelaku usaha wisata di Kota Sabang dan memiliki nilai jual, pemerintah Kota Sabang akan mendukung hal tersebut, dengan menciptakan rute yang dibutuhkan.
 
“Kalau ada peluang, pasarnya bagus, pasti akan didukung pemerintah untuk membuka objek seperti itu. Jadi sekarang kita lihat dulu pasarnya, para driver ini bisa melihat peluang ini sebagai kegiatan adventure, kedepannya akan kita ciptakan rutenya,” Ucap Kadis Pariwisata. 
 
Terakhir dikatakan, dengan adanya atraksi wisata baru yang hadir di Kota Sabang, tentunya akan sangat berdampak terhadap meningkatnya pendapatan bagi pelaku usaha wisata itu sendiri.
 
Dalam kegiatan itu dihadirkan narasumber berpengalaman di bidang pengembangan usaha wisata 4x4, Insuhendang Irianto dan Agus Nugraha dari Jawa Barat.
 
Penulis : Windi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com