14 Juli 2021 | Dilihat: 48 Kali
Gali Sejarah, Pemkab Aceh Singkil Akan Gelar Seminar Internasional Syekh Abdurrauf As Singkily
noeh21
M.Najur, Kabid Budaya, Disdikbud Kabupaten Aceh Singkil, saat memperlihatkan salah satu pecahan peninggalan sejarah setempat. [Foto: Erwan]
 

IJN - Aceh Singkil | Untuk mengali kembali nilai sejarah dan budaya daerah yang bermoto "Sekata Sepekat", Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar seminar Internasional Syekh Abdurrauf As Singkily tahun 2021 ini.

Hal itu seperti disampaikan, Kabid Budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil, M. Najur

M. Najur mengatakan, bahwa kegiatan tersebut perlu untuk menggali lagi sejarah dan kebudayaan di daerah setempat agar dapat lebih dipahami.

"Apalagi, Syekh Abdurrauf As Singkily kelahiran Singkil, Kabupaten Aceh Singkil merupakan salah seorang tokoh ulama besar Aceh yang terkenal hingga manca negara,"kata M. Najur, Selasa 13 Juli 2021, kepada INDOJAYANEWS.COM.

Seperti diketahui, dimasa hidupnya beliau juga dikenal dengan ulama besar yang memiliki pengaruh yang besar dalam penyebaran agama Islam di Nusantara.

Dia menyebutkan, dalam seminar yang rencananya akan dilaksanakan di Kepulauan Banyak itu juga bertujuan untuk mensosialisasikan kembali kepada generasi muda agar tidak lupa dan mengenali serta mengetahui dengan ulama besar Syekh Abdurrauf As Singkily.

"Begitu pun dalam seminar tersebut juga akan membahas, serta mencari fakta sejarah sesungguhnya Syekh Abdurrauf As Singkily yang selama ini hanya diketahui dari mulut ke mulut saja,"sebutnya.

Menurut Najur, dalam seminar itu nantinya akan menggali kembali secara fakta terkait dengan sejarah perjalanan ulama besar itu dimasa hidupnya.

Apalagi saat ini ada dualisme tentang keberadaan makam Syekh Abdurrauf As Singkily. Ada sebagian masyarakat menyakini berada di Banda Aceh, dan sebagian lagi menyakini berada di Kampung Kilangan, Singkil, Kabupaten Aceh Singkil.

"Sehingga dengan dilaksanakannya seminar tersebut nantinya dapat meluruskan sejarah Syekh Abdurrauf As Singkily yang selama ini dinilai masih mengambang,"tutupnya.


Penulis: Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com