25 Juni 2019 | Dilihat: 276 Kali
Kembangkan Kuliner, Pemkab Aceh Singkil Gelar Lomba Masak
noeh21
Ketua PKK Aceh Singkil, nyonya Atma Dulmusrid menyerahkan piala kepada juara I katagori Lunchbox, yang diraih Kecamatan Gunung Meriah.
 

IJN - Aceh Singkil | Sebagai upaya mengembangkan destinasi wisata khususnya dibidang kuliner, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pangan menggelar lomba masak cipta menu pangan lokal beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), tingkat Kabupaten Aceh Singkil, Selasa 25 Juni 2019, dihalaman belakang kantor setempat.

Dalam lomba masak yang dibuka Wakil Bupati Aceh Singkil, Sazali, diikuti 8 dari 11 Kecamatan daerah setempat. 

Wakil Bupati Aceh Singkil, Sazali, saat membuka acara lomba masak B2SA mengatakan, kebutuhan impot saat ini sudah sangat memprihatinkan yang mengakibatkan  ketergantungan kita terhadap negara tetangga penghasil beras.

Hal tersebut seperti yang terjadi di Kabupaten Aceh Singkil yang produktifitas berasnya masih sangat minim. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan pokok itu, masih tergantung dengan pasokan dari daerah tetangga.

Dengan begitu perlu, kita bersama mencari solusinya. Mengingat daerah Kabupaten Aceh Singkil memiliki potensi yang lain seperti, sagu, ubi-ubian dan pisang.

Oleh karena itu, melalui lomba cipta tersebut dapat berkelanjutan dan ditingkatkan dalam kegiatan yang berorientasi pada upaya mewujudkan diverifikasi pangan.

Diharapkan, seluruh instansi terkait, perguruan tinggi, PKK dan masyarakat berperan serta dalam mengembangkan penggolahan makanan,harap Wakil Bupati.

Sebelumnya Kepala Dinas Pangan Aceh Singkil, Abdul Haris mengatakan, tidak hadirnya 2 Kecamatan yang berada dikawasan  Kepulauan Banyak setempat, karena faktor cuaca yang kurang baik. Sehingga tim yang sudah dibentuk gagal berangkat menyeberang datang kelokasi lomba.

Dikatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam menciptakan memilih menu masakan beragam, bergizi, berimbang, dan aman berbasis bahan pangan lokal.

Haris berharap, dapat dijadikan sebuah momentum penting dalam mengembalikan dan menanamkan budaya kosumsi yang mengandalkan sagu, ubi-ubian, dan pisang.

Dalam perlombaan tersebut, Kecamatan Gunung Meriah berhasil meraih juara I katagori Lunchbox B2SA dan berhak maju ketingkat Provinsi Aceh mewakili Kabupaten Aceh Singkil.

Selanjutnya, juara 2 Kecamatan Singkil Utara, dan juara 3 diraih Kecamatan Simpang Kanan.  Sedangkan untuk juara produk olahan pangan lokal kormesial juara I, Kecamatan Singkohor, juara II Kecamatan Singkil dan juara III Gunung Meriah.

Penulis : Erwan
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com