03 Juli 2019 | Dilihat: 304 Kali
Persiapan Festival Pulau Banyak, Aceh Singkil Belum Terlihat
noeh21
Ilustrasi
 

IJN - Aceh Singkil | Meski sudah memasuki bulan Juli 2019, untuk persiapan pelaksanaan event bergengsi Pulau Banyak Internasional Festival (PBIF), yang akan dilaksanakan didaerah Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, hingga saat ini belum ada terlihat gelagat persiapannya.

Camat Pulau Banyak, Mukhlis melalui pesan WhatsAppnya kepada Indojayanews.com, Selasa 2 Juli 2019 malam mengakui, bahwa hingga saat ini dilokasi yang akan dilaksanakannya event tingkat Internasional tersebut belum terlihat adanya geliat persiapannya.

"Pihak Dinas Parawisata Aceh Singkil bersama dengan pihak pelaksana EO masih hanya sebatas survey lokasi. Belum ada terlihat tanda persiapannya seperti pemasangan spanduk dan lainnya," ucap Mukhlis.

Hal senada dikatakan Sekretaris Satgas SAR Pulau Banyak Yudistira mengatakan, sesuai hasil rapat di Opp Room Kantor Bupati Aceh Singkil beberapa waktu lalu bersama dengan unsur Forkopimda, Instansi terkait dan pihak EO, rencananya pra eventnya PBIF sudah akan dimulai tanggal 11 Juli 2019.

"Namun bila dilihat secara signifikan dilapangan untuk persiapan pelaksanaan Pulau Banyak Internasional Festival belum ada," kata Yudistira.

Yudistira mengakui, dari pemaparan pihak EO saat pertemuan beberapa waktu lalu, untuk promosi pemasangan spanduk dan sejumlah rangkaian kegiatan PBIF Aceh Singkil mendapat dukungan dari Dinas Parawisata Aceh.

"Belum ada terlihatnya persiapan menyongsong pelaksanaan hajat besar Pulau Banyak Internasional Festival itu menjadi tanda tanya di benak warga," ujarnya.

Sementara Kepala Disparpora Aceh Singkil Faisal melalui Kabid Parawisatanya mengatakan, untuk pembukaan kegiatan Pulau Banyak Internasional Festival (PBIF) akan dibuka tanggal 22 Juli 2019.

Selanjutnya kegiatan yang menghabiskan anggaran milyaran rupiah itu ditutup 24 Juli 2019 malam. Namun untuk kegiatan PBIF juga akan diisi dengan pra event seperti, pelatihan pelaku wisata dan lainnya.

Disamping itu, Dinas Parawisata Aceh juga akan mensport 5 kegiatan lainnya dari anggaran APBA tahun 2019. Seperti, pelatihan pemandu diving,  pelatihan desa wisata,  famtrip travel se-Aceh, pelatihan souvenir dan gathering Generasi Pesona Indonesia.

"Sebelumnya, pihak Pemkab Aceh Singkil melalui Disparpora dan EO dari Aceh Multivision, Banda Aceh sudah berkordinasi dengan pihak Provinsi Aceh melakukan pematangan Konsep kegiatan," ujarnya.

Kabid Parawisata mengatakan, untuk kegiatan PBIF akan dilaksanakan di empat titik lokasi yang berbeda.

"Lokasi yang dilaksanakan diantaranya di Pulau Balai (Baguk), Pulau Panjang,  Palambak dan Ujung Lolok, daerah Kepulauan Banyak Aceh Singkil," terangnya.

Penulis : Erwan
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com