05 November 2023 | Dilihat: 101 Kali
Pj Gubernur Aceh Meriahkan Lomba Perahu Hias PKA-8
noeh21
Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, didampingi Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, menaiki perahu hias dalam rangka ikut memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh ke-8, di Krueng Aceh, Banda Aceh, Minggu (5/11/2023) Foto. Adpim Pemerintah Aceh
 

IJN - Banda Aceh | Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki ikut memeriahkan lomba perahu hias yang digelar dalam rangka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8, di Krueng Aceh Peunayong Banda Aceh, Minggu 05 November 2023.

Bukan menonton dari tepian, mantan Pangdam IM itu dengan sigap ikut naik ke atas perahu bersama puluhan masyarakat.

Lomba perahu hias diikuti oleh semua kabupaten/kota. Para peserta menghias perahu dengan berbagai macam variasi dan warna, terutama didominasi warna dan kebudayaan daerah. Misal Kabupaten Simeulue yang menghias perahu dengan bentuk lobster.

Selain itu, banyak juga perahu yang dihias dengan aneka rempah-rempah sesuai dengan tema PKA ke-8.

Sebelumnya, PKA ke-8 tahun 2023, yang diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota se-Aceh serta sejumlah negara sahabat resmi dibuka, Sabtu 4 November 2023 malam oleh Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki.

Penjabat Gubernur mengatakan, PKA adalah buah pemikiran dan perjuangan orang-orang tua di masa lalu, yang memberikan teladan dalam merajut, merawat, dan menjaga perdamaian melalui pelestarian serta pemajuan kebudayaan, khususnya peradaban atau tamadun islami di Bumi Serambi Mekkah.

Pada PKA kali ini, Pemerintah Aceh memilih tema ‘Jalur Rempah Aceh’ pada PKA VIII ini, dengan tagline ‘Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia’.

“Tema ini dipilih dengan mempertimbangkan maksud dan tujuan PKA, relevansinya dengan isu terkini secara global, serta terkoneksi dengan visi misi pembangunan daerah dan nasional. Jalur rempah merupakan jalur perniagaan populer yang mengangkut rempah sebagai komoditas utama ke seluruh dunia. Aceh patut berbangga karena 2 dari 20 titik jalur rempah Nusantara berada di Aceh,” kata Achmad Marzuki, kala membuka PKA ke-8.


Penulis: Hendria
Editor: Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com