16 November 2019 | Dilihat: 58 Kali
Sabang Diving Festival 2019, Kembali Angkat Wisata Bawah Laut
noeh21
 

IJN - Sabang | Sabang menjadi daya pikat yang menarik bagi para wisatawan dalam dan juga luar negeri dengan kekayaan wisata baharinya, terlebih bagi yang menyukai dunia bawah laut, taman laut sabang selalu menjadi incaran para divers. 
 
Sabang Diving Festival 2019 kembali digelar sebagai ajang pengenalan potensi bawah laut sabang dan juga kekayaan pariwisata Indonesia, Sabtu, 16 November 2019.
 
Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Sabang. 
 
Kadispudpar Aceh, Jamaluddin dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pemasaran, Murdiana, S. Si, M. Si mengatakan, Spot diving di Sabang memang sudah dikenal dunia, dengan adanya potensi bawah laut.
 
"Seperti ini kita berharap divers yang ada di Aceh atau nasional bisa ikut mengeksplor keindahan tersebut sebagai kekayaan pariwisata Indonesia," ujar Murdiana.
 
Ia menambahkan, diving yang dikemas dalam rangkaian festival ini diikuti 100 atlet dari beberapa daerah di Aceh, yaitu Sabang, Abdya, dan Aceh tengah, dan dari luar aceh juga ada peserta yang berasal dari Bogor ikut untuk memperebutkan total hadiah 52,5 juta tersebut. 
 
“Agenda diving ini dipusatkan di Pelabuhan CT-1 Teluk Sabang, masyarakat atau para wisatawan juga diperbolehkan untuk datang dan melihat langsung," ungkap Jamal.
 
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang yang diwakili oleh Kabid Pemasaran, Murdiana, S.Si., M.Si. 
 
"Dengan adanya event ini, kami mengharapkan lebih banyak lagi kedatangan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kota Sabang," harapnya.
 
"Sehingga kawasan Sabang dapat hidup kembali dan target wisatawan 1 juta/tahun dapat tercapai, dan Sabang menjadi pusat destinasi wisata bahari dunia," demikian kata Murdiana dalam sambutannya.
 
Sejumlah agenda lomba dalam diving festival telah dipersiapkan, mulai dari Finswimming 6000 meter untuk kategori putra dan putri, serta Finswimming 1000 meter dan 500 meter untuk kategori junior.
 
Orientasi Bawah Air (OBA) kategori putra dan putri juga akan menjadi lomba menarik dalam festival kali ini, tambahnya. 
 
Madhina Nur Muthia (Miss Scuba Indonesia 2017) dipastikan akan hadir dalam gelaran Sabang Diving Festival tahun ini.
 
Penulis : Windi
Editor    : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com