07 Oktober 2019 | Dilihat: 96 Kali
Sabang Menjadi Pusat Even Diving Internasional Festival Championship
noeh21
Promosi wisata Sabang.
 

IJN - Sabang | Sebagai salah satu destinasi wisata bahari terbaik dengan keindahan alam bawah laut yang ada di Indonesia, Kota Sabang dijadikan lokasi penyelenggaraan even Aceh International Diving Festival dan Championship 2019, yang digelar pada 6-7 Oktober 2019.

Deputi Pengembangan Regional 1 Kemenpar Republik Indonesia Drs. Reza Fahlevi, saat diwawancarai media INDOJAYANEWS.COM mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan di Sabang agar dapat melahirkan nilai-nilai promosi yang sangat dibutuhkan, baik melalui peserta kegiatan, media, hingga wisatawan yang menyaksikan even tersebut.

Dikatakan Reza, Sabang ini memang andalannya wisata bahari khususnya taman bawah laut, seperti diving dan snorkling. Nah, supaya Sabang terus mendapatkan perhatian banyak pihak, maka perlu dilaksanakan even-even, termasuk even diving yang diharapkan dampak promosinya.

"Dengan ramainya peserta dan pendukungnya dalam suatu even yang diselenggarakan di Kota Sabang, pastinya akan menambah promosi Kota Sabang secara tidak langsung, melalui akun- akun media sosial milik para peserta dan pendukung yang hadir," kata Reza.

"Untuk menjadi destinasi wisata, suatu daerah wajib memenuhi tiga hal, antara lain akses, atraksi dan amenitas. Dan saat ini Kota Sabang telah memenuhi ketiga kriteria tersebut, bahkan spot diving di Sabang saat ini, telah masuk sebagai salah satu spot diving terbaik di Indonesia."

Mantan Kadis Budpar Provinsi Aceh ini menjelaskan, dari sisi akses sangat jelas bahwa saat ini Balohan sedang ditingkatkan. Dari sisi atraksi selain diving, banyak juga atraksi yang menurutnya bagus termasuk kuliner dan budaya. Sedangkan dari sisi amenitas, juga sudah ada beberapa penataan.

"Harapan kita kedepan akan ada hotel- hotel yang mau investasi di Sabang, sehingga standar amenitasnya akan lebih baik," harapnya.

Reza juga meminta kepada Pemerintah Kota Sabang bersama Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), untuk lebih gencar mempromosikan wisata secara bersama-sama, baik melalui even-even, promosi melalui media dan yang terpenting mampu menghadirkan kapal pesiar sebanyak- banyaknya.

Sementara Wali Kota Sabang dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kota Sabang Drs. Zakaria, MM menyampaikan, atas nama Pemerintah dan masyarakat Sabang mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Diving Internasional Festival Championship di Sabang.

Aceh Diving Internasional Festival dan Championship, dipandang memiliki tujuan yang sangat baik untuk meningkatkan arus wisata di Aceh, pada umumnya dan khususnya di Sabang. Karena, selain salah satu ajang promosi juga akan menjadikan Sabang, semakin lebih hidup dan ramai dikunjungi wisatawan.

"Untuk itu, kegiatan ini hendaknya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi dunia luar untuk mengenal Sabang secara lebih dekat lagi. Terutama dengan cara memperkenalkan keanekaragaman biota laut dan kebeningan air laut Sabang yang bisa ditembusi mata memandang," jelasnya.

Keindahan ini tersebar, di sekitar pulau Weh dan pulau-pulau kecil lainnya yang ada di Sabang. "Semoga Festival ini dapat berjalan sesuai harapan, sehingga bukan saja tujuan untuk memperkenalkan Sabang ke dunia luar, tetapi sekaligus bertujuan untuk perkembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat di daerah ini," tutupnya.

Penulis: Windi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com