28 Oktober 2019 | Dilihat: 242 Kali
Saksikan Titik Gampong Teater Aceh di Taman Seni dan Budaya Banda Aceh
noeh21
 

IJN - Banda Aceh | Seuramoe Teater Aceh bakal menggelar kegiatan Gampong Seni Teater. Acara tersebut direncanakan bakal berlangsung di Taman Seni dan Budaya, Banda Aceh pada 4 hingga 6 November 2019 mendatang.

Gampong Seni Teater tahun ini mengusung tema "Titik..." yang akan menampilkan serangkaian kegiatan seni teater mulai dari Kemah Teater, Parade Teater, Workshop, Teater Saweu Sikula, Anugerah Teater, dan beberapa item kegiatan lainnya.

Menurut Ketua Pelaksana Mirja Irwansyah, Gampong Seni Teater juga didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh serta UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh.

Mirja Irwansyah mengatakan, ini merupakan tahun kedua pelaksanaan Gampong Seni Teater Aceh. "Tujuannya adalah untuk merealisasikan ide atau gagasan melalui kegiatan seni teater," kata Mirja pada Media INDOJAYANEWS.COM, Minggu malam 27 Oktober 2019'

Mirja mengungkapkan, seni teater di Aceh kini semakin berkembang, sehingga acara Gampong Seni Teater yang diadakan tersebut diharapkan menjadi arah baru bagi mereka dalam menjalankan Gampong Teater Aceh kedepan. 

"Melalui kegiatan ini, kita ingin merangkum semua pelaku dan pegiat seni teater agar kedepan kita bersatu, sehingga semakin besar dan dikenal khalayak ramai," jelasnya.

Mirja juga menuturkan, dalam sesi diskusi akan mengangkat isu kolaborasi dan koproduksi dengan penekanan pada pengalaman Gampong Teater Aceh yang telah berlalu dalam hal negosiasi dengan kekurangan (atau ketiadaan) infrastruktur yang layak dan juga isu-isu lainnya.

Tahun ini, Gampong Teater Aceh ingin berbenah diri dan merefleksikan ulang perjalanannya yang terwujud dalam program kuratorialnya.

"Jika selama ini Gampong Teater Aceh didominasi dalam bentuk silaturahim, tahun ini ditandai oleh kombinasi kurator lokal dan nasional yang secara artistik dianggap memiliki terobosan dengan beberapa pemahaman baru, diharapkan dengan menghadirkan kurator ini akan memberikan sebuah ilmu baru untuk keberlangsungan seni teater di masa-masa akan datang," pungkasnya.

Penulis : Hidayat. S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com