23 Mei 2022 | Dilihat: 948 Kali
KNPI Nagan Raya Dukung Bimtek Aparatur Gampong di Medan
noeh21
Keterangan : Ketua KNPI Nagan Raya, Banta Diman
 

IJN - Suka Makmue | Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Nagan Raya Banta Diman, M.Si mendukung penuh pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Gampong yang direncanakan digelar pada Mei-Juni 2022 di Medan, Sumatera Utara.
 
Banta Diman mengatakan, aparatur Gampong terutama para Keuchik yang di lantik beberapa pekan lalu, perlu memahami secara detil tentang adaptasi model kepemimpinan masyarakat era sekarang, regulasi Gampong, dan pengelolaan dana Gampong yang manyentuh solusi persoalan mendasar di masyarakat.

Baca juga : GeRAK Desak Pemkab Nagan Raya Kaji Kembali Bimtek Keuchik ke Sumut
 
"Aparatur gampong terutama Keuchik, harus tuntas memahami seperti apa model kepemimpinan yang cocok di era serba keterbukaan sekarang ini, memahami terkait pelbagai aturan main regulasi, dan yang tak kalah pentingnya juga, mereka dituntut mesti bisa mengelola anggaran Desa untuk sebagai solusi memecahkan persoalan mendasar masyarakat di Gampong masing-masing,"kata Banta Diman kepada Indojayanews.com, Senin 23 Mei 2022.
 
Selain itu, Banta menyebut, bahwa terkait jumlah dana, dan pemilihan tempat Bimtek di luar daerah Aceh, tidak menjadi persoalan sebatas tidak dilarang secara aturan.

Baca juga : Eks Kepala Disperindagkop Aceh Tamiang Ditetapkan Tersangka
 
"Logikanya, aparatur Gampong terutama Keuchik yang mengelola dana Desa dengan angka lumanyan besar itu, kan tidak sebanding hanya seukuran 12 juta digunakan untuk dua orang aparatur mengikuti Bimtek di Medan,"sebutnya.
 
Dia berharap supaya pelaksanaan program Bimtek aparatur Gampong benar-benar dikelola secara berkualitas, profesional, terukur, dan menjadi pemantik kinerja nantinya bagi aparatur Gampong.
 
"Kami mengharapkan terutama kepada lembaga mitra Bimtek agar berlaku profesional, terukur dan bisa memantik semangat berkinerja bagi aparatur Gampong pasca dilaksanakan Bimtek,"tutup Banta Diman.
 
 
 
Penulis : Hendria Irawan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com