18 Mei 2022 | Dilihat: 69 Kali
Lanal Simeulue Gelar Apel Pasukan Pelatihan Penaggulangan Bencana Alam
noeh21
Bupati Erli Hasim di dampingi Danlanal Simeulue periksa pasukan Apel pelatihan bencana alam. Foto IST
 

IJN - Simeulue | Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Simeulue gelar apel pasukan dalam rangka pelatihan penanggulangan bencana alam yang digelar lapangan pendopo Kabupaten Simeulue.
 
Danlanal Simeulue Letkol Laut (P) Hendra Dwinanto SH, M .Tr Opsla kepada awak media menyampaikan, ini merupakan amat langsung dari Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL (Dispotmar) Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi Agung Slamet, S.T., S.Sos., M.M. Bertujuan mengembangkan sikap sadar bencana, dalam prilaku sehari - hari masyarakat yang diarahkan kepada kemampuan pembinaan ketahanan wilayah serta memberikan pemahaman edukasi serta evakuasi korban Bencana Alam.
 
Pelatihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan personil TNI-AL dan masyarakat pesisir dalam melaksanakan peringatan dini gempa bumi dan tsunami. Sambung Danlanal Simeulue kegiatan ini juga untuk pemahaman tentang resiko gempa bumi dan bencana alam lainnya.
 
Danlanal Simeulue juga berharap dengan pelatihan ini dapat diterapkan kepada masyarakat Simeulue khususnya pesisir. Personil yang ikut dalam kegiatan ini sekitar dari 350 personil, pelatihan ini yang meliputi Lanal Simeulue, BPBD, Kodim, SAR, Kepolisian, dan Kesehatan dan lainnya.
 
"Lebih kurang sekitar 350 personil dan kegiatan ini selama tiga hari," kata Danlanal Simeulue Hendra Dwinanto.
 
Sementara Bupati Simeulue H. Erli Hasim, S.Ag, SH, M.I.Kom dalam arahannya menyampaikan, ini merupakan sebuah pelatihan yang sangat mahal yang sangat bermanfaat sehingga seluruh elemen masyarakat akan punya cara bagaimana melakukan evakuasi serta menghindari dari bencana alam yang sering terjadi di daerah.
 
"Apalagi daerah kita ini adalah merupakan Jepang kedua di dunia yang sering terjadinya bencana alam,"kata Bupati Simeulue.
 
Oleh sebab itu, Bupati Simeulue berharap kepada para peserta pelatihan ini untuk dapat betul-betul bisa mengikuti kegiatan dengan sempurna sehingga ilmu yang didapatkan akan disosialisasikan dan disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat Simeulue. (Red)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com