04 Februari 2024 | Dilihat: 127 Kali
Sosok Irsan Sosiawan Caleg DPR RI dari Partai Nasdem Dapil II Aceh
noeh21
Irsan Sosiawan dan Anies Baswedan. Foto. Dokumen Pribadi Irsan
 

IJN - Banda Aceh | Irsan Sosiawan, lahir 10 September 1970. Memiliki latar belakang sebagai politisi dan pengusaha sukses, sejak dulu hingga sekarang.

Informasi diperoleh IndoJayaNews.com, Minggu 4 Februari 2024, Irsan merupakan putra dari almarhum H.M Jusuf Gading, salah satu tokoh Aceh di Jakarta kelahiran Seulimum yang pernah menjabat Dirjen Bantuan Sosial Departemen Sosial pada periode 1971-1978 dan Ibunya almarhumah Rohana Daud Paloh yang merupakan kakak kandung dari Surya Paloh Ketua Umum DPP Partai Nasdem.
 
Abuya Mutawaly Al-Chalidy yang merupakan Cucu Kandung Ulama Kharismatik Aceh Abuya Mudawaly Al-Chalidi bercerita bahwa sosok Irsan adalah tokoh yang sukses dan tidak lupa mengambil peran mengabdi dan memperjuangkan kepentingan Aceh untuk perubahan dan pembangunan daerah yang lebih signifikan.
 
"Irsan ini berasal dari keluarga terhormat dan keponakan Kandung Pak Surya Paloh yang mengikuti jejak beliau dan mewakafkan dirinya untuk membangun Aceh, Pak Irsan ini juga dekat dengan Ulama dan peduli terhadap pendidikan Islam di Aceh sehingga pernah dianugerahi Guru Kehormatan di salah satu pondok pesantren Ulama Kharismatik Aceh, Abu Mahmuddin", ungkap Abuya Mutawaly.
 
Tokoh Masyarakat & Restorasi Aceh Said Muzhar, juga mengisahkan bahwasanya sosok Irsan ini sudah duluan berdayakan putra-putri Aceh melalui perusahaan yang dimilikinya. Saat ini ada 3.400 karyawan yang Irsan berdayakan, dan 80 persen lebih nya itu putra putri Aceh. 
 
"Keberpihakannya terhadap Aceh tak perlu diragukan lagi, melalui berbagai bisnis yang ia miliki banyak putra-putri Aceh yang diberdayakan, ini membuktikan komitmen nya terhadap Aceh sebagai kampung Halamannya menjadi prioritas", ungkap Said.
 
Tokoh muda Aceh yang pernah menjabat Sekretaris KNPI Provinsi Aceh, Nurcholis, SP, MSi dalam pengamatannya mengenal Irsan juga menyampaikan bahwa sosok tersebut memang paket komplit dari segi keluarga, finansial, pendidikan, dan pengalamannya dalam mengembangkan perekonomian daerah.

Baginya sosok Irsan saat ini merupakan sosok yang benar-benar tulus mewakafkan dirinya untuk Aceh dengan segala yang dimiliknya saat ini.
 
"Dari segi pendidikan beliau merupakan lulusan Amerika, keluarga terhormat, pengalaman bisnis juga luar biasa bahkan memiliki perusahaan terbesar di Aceh, selalu memprioritaskan program-program perusahaan yang selalu berpihak pada kebutuhan masyarakat serta sosok yang rendah hati, dan memang layak untuk jadi penyambung aspirasi rakyat dan memperjuangkan Aceh di level Nasional", ugkapnya.



Penulis: Hendria Irawan
Editor: Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com