04 Juli 2022 | Dilihat: 1273 Kali
Besok Mendagri Lantik PJ Gubernur Aceh
noeh21
Salinan surat pelantikan penjabat (PJ) Gubernur Aceh. Foto. Istimewa
 

IJN - Banda Aceh | Menteri Dalam Negeri (Mendagri) akan melantik Penjabat (Pj) Gubernur Aceh mengantikan Nova Iriansyah pada Selasa 5 Juli 2022 besok, sekitar pukul 16.00 WIB, di Sasana Bhakti Praja Gedung C lantai 3 Kemendagri.
 
Dalam salinan dukumen yang diterima Indojayanews.com pada Senin 4 Juli 2022, pelantikan itu berdasarkan nomor surat 005/3787/SJ yang ditandatangani oleh Sekjen Kemendagri dan akan dihadiri oleh Gubernur Aceh, Wali Nanggroe, Ketua DPRA, Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, dan Sekda Aceh.

Baca juga : Besok, Tito Lantik Achmad Marzuki Jadi PJ Gubernur Aceh
 
Dalam surat itu disebutkan, sesuai dengan ketentuan Pasal 78 Ayat 2 huruf A UU Nomor 23 Tahun 2014 ditegaskan bahwa kepala daerah dan wakil kepala daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya.
 
Dalam ketentuan Pasal 201 Ayat 9 UU Nomor 10 Tahun 2016 ditegaskan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur yang berakhir masa jabatan 2022, diangkat penjabat (Pj) Gubernur. Berkenaan dengan hasil itu, untuk menghindari terjadinya kekosongan pimpinan pemerintahan di Provinsi Aceh.
 
Perlu diketahui, sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) mengusul tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Aceh ke Mendagri Tito Karnavian.
 
Nama-nama yang diusulkan itu juga sudah disepakati dan hasil musyawarah semua fraksi-fraksi di DPRA.
 
Ketiga nama yang diusulkan itu yakni Direktorat Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal, Mantan Pangdam Iskandar Muda Mayjend TNI Ahmad Marzuki dan Sekjend DPR RI Indra Iskandar.
 
 
 
Penulis : Hendria Irawan 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com