24 September 2021 | Dilihat: 1487 Kali
Soal Siswa Tumbang Usai Divaksin, Ini Kata Kabid Humas Polda Aceh
noeh21
Keterangan Foto: Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy
 

IJNBanda Aceh | Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S.H., S.I.K., M.Si., menyatakan, pihaknya melalui Polres Lhokseumawe sudah melihat langsung kondisi terkini dari Siswi Khana Darasa Naswa (16), yang tumbang setelah menerima vaksin Covid-19 di SMK N 1 Lhokseumawe.

Berdasarkan keterangan dokter, kata Winardy, kondisi terakhir Siswi Khana Darasa Naswa baik-baik saja, namun masih perlu waktu untuk istirahat. Yang bersangkutan diketahui hanya merasa shok/ takut (Sikosomatik).

Baca Juga: Soal Siswa Tumbang Usai Divaksin, Fadlil Rahmi: Periksa Yang Benar dan teliti sebelum divaksin

Menurutnya, terkait kejadian tersebut, ada beberapa fakta yang tidak bisa kita nafikan, sehingga tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat untuk menerima vaksin.

Winardy menjelaskan, sebelum divaksin Khana Darasa Naswa sudah terlebih dahulu dilakukan screning dan tensi, yang hasilnya normal-normal saja. Hal tersebut merupakan mekanisme yang tetap dilakukan oleh petugas vaksinator kepada semua orang yang akan divaksin.

Kemudian setelah menerima vaksin, Siswi Khana Darasa Naswa juga diobservasi selama 30-40 menit, untuk mengetahui efek yang ditimbulkan. Namun saat itu, yang bersangkutan baik-baik saja.

"Saat discrening, yang bersangkutan sudah ditanyakan oleh petugas tentang kondisi dan riwayat penyakit. Kemudian setelah vaksin juga ada dilakukan observasi. Saya rasa, petugas vakdinator sudah bekerja sesuai dengan SOP,"sebut Winardy, dalam keterangannya, Jumat 24 September 2021.

Ia juga menyampaikan, untuk vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat sudah lebih dulu dicek oleh BPOM, sehingga dari vaksin itu sendiri tidak ada masalah. Namun secara umum, efek samping itu tetap ada seperti nyeri di titik bekas suntikan, sakit kepala, kelelahan, dan sedikit nyeri otot.

"Efek samping saya rasa tetap ada. Dan itu umum ditimbulkan oleh semua vaksin," ucapnya.

Baca Juga: Polda Aceh Tetapkan 9 Tersangka Kasus Sapi kurus di Saree

Oleh karena itu, Winardy berharap, pemberitaan-pemberitaan terkait dengan kejadian tersebut tidak dibesar-besarkan, apalagi ditambah-tambah dengan fakta yang tidak berdasar.

Mewakili institusi, Winardy ikut perihatin atas kejadian yang menimpa Siswi Khana Darasa Naswa. "Semoga di balik semua ini ada hikmah yang bisa kita petik dan kami berdoa, semoga Adinda Khana Darasa Naswa cepat sembuh, sehingga dapat kembali belajar seperti semula," tutupnya.


Penulis: Hendria Irawan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com