16 Oktober 2023 | Dilihat: 266 Kali
Besok, Disnakertrans Nagan Raya Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi
noeh21
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Nagan Raya akan mengadakan pelatihan Ketenagakerjaan berbasis Kompetensi. Foto. Hendria Irawan
 

IJN - Nagan Raya | Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Nagan Raya akan menggelar pelatihan Ketenagakerjaan berbasis Kompetensi. Senin 16 Oktober 2023.
 
Kepala Disnakertrans, Teuku Jonh Merly Betra, S.STP., M.Si, mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan atas perintah Penjabat (Pj) Bupati Fitriany Farhas, AP, S.Sos.,MSi, beberapa waktu lalu. 
 
"Kita membuka peluang kepada sejumlah angkatan kerja untuk mengikuti Pelatihan Ketenagakerjaan barbasis Kompetensi di Balai Latihan Kerja Nagan Raya, pada  Selasa (17/10) besok," kata Kadis Disnakertrans, Teuku Jonh Merly .
 
Menurutnya, program itu juga mendapat dukungan dan rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya. 
 
Disebutkan Jonh Merly, para peserta dibekali dengan keahlian tentang pengelasan listrik, pemasaran nilam dan juga penggunaan mesin bubut. "Sesuai arahan Ibu Pj Bupati kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan," ujarnya. 
 
Sebagaimana arahan Pj Bupati, lanjut Jonh Merly, pihaknya juga telah ditandatangani 22 Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan sejumlah perusahaan yang ada di Nagan Raya.
 
Lanjutnya, poin utama dalam PKS tersebut adalah perusahan akan memprioritaskan pemuda Nagan Raya dalam perekrutan tenaga kerja sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan perusahaan.
 
Selain itu, tambah Jonh Merly, isi perjanjian tersebut adalah sharing instruktur dan fasilitas sesuai dengan jenis pelatihan yang dilaksanakan. Ia berharap, dengan memiliki keterampilan khusus dibidangnya masing-masing, para angkatan kerja selain dapat bekerja atau magang di perusahaan, mereka juga dapat membuka peluang usaha mandiri. 
 
"Saya mengajak kawula muda Nagan Raya mengikuti berbagai pelatihan tersebut guna meningkatkan kapasitasnya, terutama para pemuda yang belum memiliki pekerjaan dalam upaya menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran sebagaimana harapan Ibu Pj Bupati," pungkasnya.




Penulis: Hendria Irawan
Editor: Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com