15 Maret 2023 | Dilihat: 463 Kali
Kadis DPKA : Pengunjung Perpustakaan Aceh Meningkat 1.500 Orang Perhari
noeh21
Dr. Edi Yandra, S. STP, MSP Kepala DPKA saat membuka workshop di hotel Arabia. Foto Hendria
 

IJN - Banda Aceh | Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) Dr. Edi Yandra, S. STP, MSP menyebutkan jumlah pengunjung dan minat baca di perpustakaan di Provinsi Aceh saat ini meningkat.
 
"Alhamdulillah minat baca masyarakat saat ini meningkat, mengunjung mencapai 1.500 orang per-harinya," kata Kadis DPKA Dr. Edi Yandra disela-sela rapat koordinasi di Arabiya Hotel Banda Aceh, Rabu 16 Maret 2023.
 
Menurut Edi Yandra, meningkatnya jumlah kunjungan ke perpustakaan tidak terlepas dari sarana dan prasarana memadai, baik gedung, kenyamanan, peralatan dan koleksi buku-buku.
 
"Ini salah satu faktor kunjungan ke Arsip dan Perpustakaan hari ini meningkat, bahkan kita telah siapkan gedung biorama Aceh dengan menampilkan Aceh masa lalu, Aceh masa kini dan Aceh dasa depan, dalam bentuk pameran arsip," ungkapnya.

DPKA juga punya cara menarik minat baca masyarakat dengan mengaktifkan mobil untuk pustaka keliling setiap Sabtu- Minggu, yang biasanya mangkal di Lapangan Blang Padang dan Lapangan Tugu Kopelma Darussalam dan beberapa titik lainnya.

Selain itu, kata Edi, beberapa desa juga mengajukan permohonan kepada DPKA untuk mendatangkan mobil pustaka keliling ke desanya, sebagai upaya menarik minat baca warganya, dan itu disahuti dengan serius oleh DPKA.
 
"Hal ini tidak terlepas dari pihak desa yang memohon pustaka keliling, dan kita turun langsung ke lapangan,"tuturnya.

Bukan hanya itu saja, untuk menarik minat baca masyarakat khususnya Aceh, DPKA juga menyediakan aplikasi I-Pustaka Aceh yang belasan ribu buku digital, serta dapat diakses oleh masyarakat Aceh kapan saja, setelah menginstall aplikasi tersebut.

“I-Pustaka Aceh merupakan e-book yang digital yang dimiliki Provinsi Aceh. Kita memiliki koleksi 14 ribu buku di situ, jadi itu bisa diakses oleh siapa pun,” tutupnya. (Adv)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com