17 Juli 2023 | Dilihat: 406 Kali
Kemiskinan Ekstrim di Nagan Raya Tahun 2022 Turun Menjadi 3,63 persen
noeh21
Ilustrasi kantor Bupati Nagan Raya. Foto. Hendria Irawan/IndoJayaNews.com
 

IJN - Banda Aceh | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh sepakat untuk memanfaatkan data terpadu guna mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Kesepakatan ini dituangkan dalam nota kesepakatan yang ditandatangani oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP. S.Sos., M.Si dan Kepala BPS Provinsi Aceh, Dr. Ahmadriswan Nasution, S.Si, M.T. 
 
Selain Kabupaten Nagan Raya, pada kegiatan yang dilaksanakan pada Jum'at (14/7) di Banda Aceh itu, tiga kabupaten lainnya juga melakukan nota kesepakatan serupa dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh.
 
Diketahui, sebanyak empat kabupaten di Provinsi Aceh yaitu Kabupaten Nagan Raya, Aceh Singkil, Aceh Jaya serta Kabupaten Bener Meriah menjadi daerah pilot project pemanfaatan data terpadu guna mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim. 
 
“Nota kesepakatan yang ditandatangani pada Jum’at lalu di Kantor BPS Provinsi Aceh dalam rangka meningkatkan koordinasi dan kerja sama antara Pemkab dan BPS dalam pemanfaatan data terpadu serta meningkatkan efektivitas langkah-langkah penghapusan kemiskinan ekstrim,” kata Fitriany Farhas, Senin 17 Juli 2023.
 
Penandatanganan nota kesepakatan lanjut Fitriany diantaranya bertujuan untuk mendorong penggunaan data terpadu dalam melakukan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim serta mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga terciptanya perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis data.

Fitriany Farhas menyebut, Pemerintah daerah berkomitmen dan terus melakukan berbagai upaya dalam mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Nagan Raya.
 
“Hasil upaya tersebut dapat dilihat dari data BPS, pada tahun 2021 kemiskinan ekstrem di Nagan Raya mencapai 5,39 persen, kemudian pada tahun 2022 menurun menjadi 3,63 persen, selanjutnya di tahun 2023 diproyeksikan mengalami penurunan menjadi 1,87 persen,” tutup Pj Bupati. (Redaksi)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com